Pengertian Otomotif : Otomotif Mobil dan Otomotif Motor

0
Pengertian Otomotif

 Pengertian Otomotif : Otomotif Mobil dan Otomotif Motor РOtomotif bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mesin kendaraan roda dua atau roda empat. Di dalam ilmu ini ada beberapa bagian sistem yang akan saling berkaitan untuk bisa menggerakkan suatu kendaraan.

Pengertian Otomotif

Otomotif adalah cabang dari teknik mesin yang pengertian dan cabang ilmu nya akan diulas dalam artikel ini. Topik ini penting untuk mengenal lebih luas mengenai industri dan peluang kerja di bidang otomotif.

Pengertian Otomotif Mobil

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang didorong output daya roda empat atau bahkan lebih. Biasanya untuk menghidupan mesin akan dipakai bahan bakar cair seperti diesel atau bensin. Istilah ini diambil dari kependekan Automobile turunan dari kata Autos dalam bahasa Yunani serta Movere yang berarti mobil atau penggeral dari istilah Amerika.

Berikut adalah beberapa komponen utama dan pendukung dari otomotif mobil:

1. Blok Silinder Mobil

ini adalah komponen dasar sebuah mesin mobil. Blok silinder adalah lokasi dari beberapa silinder yang setiap lubangnya berisi satu buah piston. Ujung batang akan dihubungkan dengan poros sehingga siklus naik turun yang terjadi di mesin bisa menggerakkan engkol. Untuk bagian bawah piston akan dihubungkan dengan calter. Sementara bagian atas akan dihubungkan dengan cylinder head. Fungsi komponen berbahan cast iron ini harus di ketahui dengan baik supaya kinerja mobil bisa maksimal.

2. Kepala Silinder Mobil

Dalam ruang bakar akan ditemukan kepala silinder mobil. Ciri khasnya adalah terbuat dari aluminium alloy untuk pendingin berkualitas tinggi. Ada juga jenis valve train yang berguna untuk mengatur posisi supaya bisa membuka dan menutup dengan mudah. Biasanya, jenis tersebut akan dipasang di blog silinder serta dijadikan dudukan mesin berkatup 4 tak.

3. Piston atau Torak

Fungsi utama dari piston atau torak bisa di ibaratkan sebagai jantung pada manusia. Ini di sebabkan karena piston akan bekerja bolak balik atau translasi di dalam silinder. Hasil dari gerakan tersebut per menit mencapai 2.400 kali. Kinerja piston adalah hasil dari dorongan ekspansi proses pembakaran. Siklus naik turun komponen tersebut sangat cepat dan tekanan serta temperaturnya akan tetap tinggi. Pada bagian dalamnya juga ada ring, stang serta pen bahan baja nikel untuk connecting rod.

4. Poros Engkol atau Crank Shaft

Poros engkol merupakan komponen mobil yang berguna untuk mengubah tenaga gerak menjadi energi putar kemudian akan di salurkan menuju roda. Dengan bantuan dari connecting rod, maka poros engkol akan di pasang di bawah blok silinder. Di jenis mesin sejajar terdapat banyak susunan antara keduanya. Bentuk dari poros engkol ini akan di tentukan dari silinder nya dan di pengaruhi urutan pengapian. Di mesin susunan V serta H,umumnya hanya setengah dari silinder saja.

5. Piston Ring

Ini merupakan komponen berbentuk kecil akan tetapi berperan penting untuk mesin mobil. Karena ukurannya yang kecil, maka banyak pemilik mobil yang kurang peduli dengan usia pakai dari piston ring tersebut. Di tambah lagi, letak nya yang ada di bagian dalam badan piston yang membuat piston ring jadi tidak terlihat. Biasanya, komponen ini terbagi dalam 3 bagian yakni atas kompresi 1, atas kompresi 2 dan ring oli.

Baca Juga : Perusahaan Otomotif yang Memulai Kariernya Bukan dari Otomotif

Pengertian Otomotif Motor

Bisa di katakan jika sepeda motor adalah alat transportasi terbanyak yang di pakai di Indonesia di bandingkan jenis kendaraan lain nya. Susunan kendaraan ini terdiri dari roda, bingkai, poros serta tangki bahan bakar yang di gerakkan mesin bermotor.

1. Cylinder Head Motor

Ini berguna untuk tempat dudukan busi dan penutup lubang di blok silinder. Cylinder head motor ini terbuat dari alumunium campuran sebab tahan karet, memiliki konstruksi ringan dan tahan terhadap suhu panas yang tinggi. Komponen ini bertumpu di bagian atas blok silinder. Agar kompresi tidak bocor, maka titik tumpuan di sekat dengan gasket. Pada komponen tersebut, ada beberapa sirip mementuk alur yang berguna untuk melepaskan panas atau biasa di sebut dengan pendingin udara.

2. Bak Engkol Mesin atau Crankcase

Engkol mesin berguna sebagai rumah komponen lain yang ada di dalamnya. Ini meliputi generator atau alternator, kopling, pompa oli, gigi transmisi serta penampung oli. Komponen utama motor ini ada di bagian bawah silinder mesin. Bak engkol terbuat dari bahan alumunium yang di casting dengan sedikit campuran logam.

3. Blok Silinder atau Cylinder Block

Ini berguna sebagai tempat gerak piston atau seher. Komponen ini tersebut dari beberapa bahan penghantar panas, tahan pada gesekan dan suhu tinggi. Ini adalah komponen gabungan 2 unsur yakni silinder liner yang bergesekkan dengan piston dan juga cylinder block.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *