Tips Melakukan Perawatan Eksterior Mobil

0
Tips Melakukan Perawatan Eksterior Mobil 

Tips Melakukan Perawatan Eksterior Mobil – Keputusan memiliki mobil dapat didasari oleh berbagai latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan sarana transportasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Untuk alasan tersebut tentunya pengendara pasti sangat tidak menyukai kondisi mobil bermasalah ketika digunakan. Agar hal itu dapat dicegah, caranya adalah dengan melakukan perawatan mobil secara berkala.

Perawatan mobil secara berkala atau servis rutin biasanya termasuk lucky neko prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan. Apabila mobil masih dalam masa garansi tapi tidak melakukan perawatan berkala di bengkel resmi maka garansi yang dimiliki tersebut bisa hangus atau tidak berlaku lagi.

Tidak hanya mobil baru, untuk kalian yang memiliki mobil bekas juga wajib melakukan perawatan mobil secara berkala untuk kendaraan kesayangannya agar kondisinya tetap prima.

Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin, maka semua sistem bisa diapstikan bekerja dengan baik. Jika kendaraan selalu dalam kondisi baik, maka semua sistem bisa dipastikan bekerja dengan baik. Tidak hanya bagian mesin, perawatan mobil itu harus dilakukan secara menyeluruh yang meliputi bagian interior hingga eksterior. Nah, ada beberapa tips melakukan perawatan eksterior mobil dengan mudah agar selalu sempurna yang bisa kamu lakukan sehari-hari tanpa harus ke bengkel.

1. Menjaga mobil dari cuaca yang ekstrim

Tips merawat cat mobil baru yang pertama adalah tidak memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung. Usahakan memilih lokasi parkir di gedung atau bawah pohon. Jika sulit menemukan, tidak ada salahnya untuk menutup dengan cover mobil yang bagus. Usahakana mobil tidak terlalu lama terkena air hujan.

Jika terpaksa berkendara saat hujan, lakukan sedikit perawatan sweet bonanza sesampainya di rumah. Segera basuh air hujan dengan air bersih. Jangan sampai mobil terlalu sering terkena embun di malam hari. Air hujan dan embun bisa mengakibatkan mobil cepat berkarat. Solusi cara merawat cat mobil terbaik adalah menutupnya dengan cover mobil yang berkualitas.

Baca Juga: Penyakit Umum Toyota Fortuner Bekas Sebelum Membeli

2. Mencuci mobil pada waktu yang tepat

Sangat di sarankan untuk tidak mencuci mobil di bawah paparan terik matahari. Di karenakan cat mobil akan lebih cepat pudar. Sebaiknya cucilah mobil di pagi hari dan pastikan mesin dalam kondisi dingin.

Kamu bisa menyemprotkan bagian yang kotor dengan air tawar. Sejumlah bagian eksterior yang harus selalu di bersihkan adalah shock absorber belakang dan depan, kaca mobil dan inquiry mobil.

3. Jangan gunakan detergen untuk mencuci mobil

Setiap jenis sabun tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tidak terkecuali sabung yang di gunakan untuk mencuci mobil. Jangan sekali-kali mencuci dengan sabun yang mengandung detergen. Sudah banyak berbagai merek shampo mobil yang beredar di pasaran. Namun jika tetap kesulitan menemukannya, kamu bisa menggunakan sabun atau sampo biasa dengan catatan tidak mengandung detergen.

Carilah produk-produk shampo yang dapat menhemat penggunaan air serta ramah lingkungan. Oleh karena itu, shampo dengan busa lembut merupakan pilihan yang pas. Cukup menuangkan cairan pada spons basah. Lalu, bilas dengan air ke seluruh bodi. Jangan lupa keringkan mobil sehabis mencuci untuk mencegah bercak di permukaan cat dan kaca.

4. Aturlah kekuatan keluaran air dari selang

Dengan arus air yang kencang, kotoran mobil yang membandel memang lebih mudah di bersihkan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ini juga membahayakan cat mobil. Jangan sampai air yang keluar terlalu deras. Tekanan air ini bisa saja merusak susunan cat hingga akhirnya menimbulkan bekas. Akan sangat buruk terlihat jika ada bekas di bagian-bagian tertentu.

Ketika mencuci, cukup gunakan air dengan kekuatan menengah. Selain menyemprot dengan selang, bisa juga di lakukan dengan cara mengguyur. Hal ini tentu saja lebih aman karena bodi mobil tidak akan mendapatkan desakan.

5. Perhatikan cara mengelap dan bahan lap

Untuk mengelap mobil tentu saja ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Pertama adalah mengenai bahan lap. Pilihlah bahan yang terbuat dari kulit agar lebih cepat terserap. Bahan ini juga dapat menghindarkan mobil dari goresan. Jangan gunakan lap dari bahan katun karena sering menyimpan partikel kecil. Partikel kecil ini bisa membahayakan cat mobil.

6. Segera keringkan mobil setelah selesai mencuci

Ketika di rasa seluruh bagian mobil sudah bersih, segera keringkan mobil. Ini juga merupakan salah satu cara merawat mobil agar tetap mengkilap. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil. Jangan mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkannya, karena bisa menyebabkan bodi mobil membekas di bagian yang terkena air. Bersihkan secepat mungkin agar tidak ada bercak di cat mobil.

7. Gunakan wax agar cat mobil mengkilap

Bagi sebagian orang, mobil yang bersih saja di rasa belum cukup. Ada beberapa cara merawat cat mobil agar semakin mengkilap. Wax, obat poles, busa, dan kain katun lembut jika ada microfiber adalah bahan-bahan pengkilap. Cara merawat cat mobil agar semakin mengkilap adalah dengan teknik waxing.

Waxing adalah melapisi  cat mobil dengan bahan seperti lilin. Cara ini paling ampuh untuk membuat cat mobil seperti baru kembali. Cukup ratakan dan jika sudah terlapisi semua bagian, bersihkan siswa wax dengan microfiber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *