Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Ternate

0
Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Ternate

Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Ternate – Ternate adalah sebuah pulau kecil yang masuk di wilayah Maluku Utara. Kota Ternate sendiri memiliki gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif yaitu Gunung Gumalama. Selain gunung berapi, Kota Ternate juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik yang bisa kamu jadikan referensi untuk tujuan liburanmu.

Berikut adalah temapt-tempat destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Ternate untuk sejenak melepas penat dari padatnya pekerjaanmu.

1. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha terletak di Desa Sulamadaha, Kota ternate, Provinsi Maluku Utara. Terkenal dengan perairannya yang jernih ini bisa dikatakan sebagai salah satu pantai terindah di Kota Ternate. Air yang jernih dan hamparan pasir hitam yang luas bisa kamu nikamti saat berlibur di pantai ini.

2. Pantai Kastela

Pantai Kastela, berlokasi di Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Terletak di dekat benteng Gamlamo dan Monumen Sultan Khairun. Pantai ini sangat terkenal dengan rindangnya pepohonan yang terletak di pesisir pantai. Pantai ini juga sangat terkenal dengan pemandangan sunsetnya. Untuk kamu yang menyukasi suasana pantai yang sejuk dan tenang, pantai Kastela sangat cocok untuk kamu kunjungi, karena pantai ini tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan pantai yang lainnya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Semarang Terbaru Yang Wajin Anda Kunjungi

3. Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo berlokasi di Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, tidak jaih dari Pantai Sulamadaha.

Pantai Jikomalamo berada di sebuah teluk tersembunyi. Teluk ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri. Pantai yang berpasir putih bersih ini memiliki air laut yang berwarna biru dan sangat jernih. Pantai Jikomalamo juga sangat terkenal dengan kecantikan alam bawah lautnya. Untuk kamu yang hobi dengan snorkeling dan diving sangat cocok untuk berkunjung di pantai ini, karena kamu pasti akan dimanjakan dengan keindahan bawah lautnya.

4. Batu Angus

Batu Angus mempunyai kontur unik bebatuan hasil lahar letusan Gunung Gamalama. Lahar yang telah mengering dan menjadi bebatuan besar itu tersebar hingga ke tepian tebing pesisir laut. Masyarakat setempat menamakan wilayah ini Batu Angus.

Tempat wisata ini terletak di Jl. Batu Angus, Kelurahan Kulba, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia. Batu-batu Angus ini membentuk tebing di bibir pantai. Jadi kamu bisa menikmati hamparan laut yang sangat indah dan juga bisa menikmati megahnya Gunung Gamalama.

5. Danau Tolire

Danau Tolire merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pulau Ternate Provinsi Maluku Utara. Dan danau ini berlokasi di Desa Takome, Kecamatan Pulau Ternate, Maluku Utara.

Danau ini menyerupai wadah raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukaan air danau dengan kedalaman kurang lebih 50 meter. Sementara itu, hingga saat ini kedalaman danau tersebut belum berhasil diketahui. Tidak sedikit para peneliti yang mencoba mengukur kedalaman Danau Tolire.

6. Gunung Gamalama

Pemandangan gunung tinggi yang menjulang, akan terlihat sangat gagah seolah sedang menguasai Pulau Ternate. Dengan hamparan pohon hijau yang menyejukkan, maka tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk menelisik keindahan alam dari Gunung Gamalama.

Gunung ini meruapak salah satu gunung vulkanik tertinggi yang terletak di Indonesia. Ketinggian dari Gunung Gumalama sendiri yakni berkisar 1715 meter di atas permukaan laut. Di samping itu, ada pula penampilan hutan hijay yang lebat dengan ketinggian berada di kisaran 1.500 meter.

Tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tapi gunung besar ini juga memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Salah satunya terkait dengan perjalanan manusia yang mendiami Ternate sejak dulu. Jika dilihat dari segi bahasa, nama Gunung Gamalama berasal dari kata Kie Gam Lamo yang memiliki artian sebagai Negeri yang Besar dan menjadi simbol kebesaran bangsa yang mendiami Ternate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *