Serda Vanya Si Kowal Tangguh, Tempati Urutan Ke-6 Khatulistiwa Triathlon

By Permana 02 Agu 2022, 15:29:08 WIB Olahraga
Serda Vanya Si Kowal Tangguh, Tempati Urutan Ke-6 Khatulistiwa Triathlon

Prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Serda (Jas/W) Angela Patrisia Vanya kembali menunjukkan prestasi di bidang olahraga dalam ajang Khatulistiwa Triathlon 2022 yang diselenggarakan Lantamal XII Pontianak. Prajurit Kowal yang bertugas di Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) Mabesal  ini mampu masuk dalam peringkat ke-6 dalam event yang digelar di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat, Minggu (31/07) .

Serda Vanya yang merupakan satu-satunya Wan TNI dalam event ini bersama 76 atlet lainnya berlomba menyeberangi Sungai Kapuas dari kawasan Tugu Khatulistiwa Kecamatan Utara menuju Pontianak Mako Satrol Lantamal XII Pontianak dengan jarak tempuh sekitar 700 meter. Selesai berenang, para atlet bergegas menuju pos sepeda, langsung mendorong keluar sepeda dan mengendarainya mengikuti rute keliling Kota Pontianak sejauh 20 km dengan titik finish sepeda di Gaia Mall Kabupaten Kubu Raya. Selanjutnya dari Gaia Mall, mereka lalu mengikuti etape berlari menuju garis Finish terakhir di Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Kejuaraan Khatulistiwa Triathlon 2022 yang digelar Lantamal XII Pontianak ini menjadi daya tarik tersendiri mengingat ini baru pertama kali digelar. 

Baca Lainnya :

Kejuaraan Triatlon yang mempertandingkan tiga kategori ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-7 Lantamal XII Pontianak. Tiga kategori yang dipertandingkan yaitu Elit Putra, Elit Putri dan Lokal.

Menurut Serda Vanya yang juga atlet pentathlon, Kejuaraan Triathlon yang digelar pihak Lantamal XII ini merupakan tantangan tersendiri bagi dirinya, terutama saat harus menyeberangi Sungai Kapuas yang arusnya sangat kuat. “Luar biasa bisa ikut Kejuaraan Triathlon di Pontianak ini, pas etape berenang menyeberangi Sungai Kapuas bikin tantangan tersendiri,” ujarnya.

Sebelumnya Serda Vanya yang alumni Bintara Prajurit Karier Angkatan 38 Gelombang I melalui jalur prestasi (atlet) tahun 2018 ini menunjukan prestasinya dalam ajang Open Modern Pentathlon 2022 di Jawa Tengah dengan meraih  3 medali emas dan 1 medali perak.

Komandan Lantamal XII Pontianak Laksma TNI Suharto menjelaskan, gelaran olahraga dalam rangka Hari Jadi ke-7 Lantamal XII ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan dan menjaring 76 peserta yang dibagi dalam kelas elite yang merupakan atlit Pelatnas yang mewakili provinsi putra dan putri, serta lokal untuk atlit dari Kalimantan Barat.

Keberhasilan prajurit yang mampu berprestasi di lingkungan TNI AL dalam bidang olah raga merupakan pembinaan yang nyata dari keseriusan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam memajukan olahraga melalui pembangunan berbagai fasilitas olahraga di seluruh pangkalan-pangkalan TNI AL seluruh Indonesia, sehingga diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet handal TNI AL yang berprestasi dalam kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional.

Penyelenggaraan kejuaraan Triathlon oleh Lantamal XII Pontianak ini mendapat respon yang sangat positif dari Gubernur Kalbar Sutarmidji. Pemerintah provinsi Kalimantan Barat siap mendukung kejuaraan Triathlon ini menjadi event olahraga tahunan.





Tulis Komentar

Komentar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.