Monumen Tugu Jepang Jadi Saksi Tradisi Masuk Satuan Bagi Personel Baru Di Kodim 1801/Manokwari

By Wawan Hermawan 22 Sep 2022, 14:07:19 WIB Kabar Daerah/Nusantara
Monumen Tugu Jepang Jadi Saksi Tradisi Masuk Satuan Bagi Personel Baru Di Kodim 1801/Manokwari

Keterangan Gambar : Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Rachmat Christanto,S.I.P sedang melakukan pengarahan kepada 66 orang anggota baru dalam acara tradisi masuk satuan bagi personel baru yang masuk ke Kodim 1801/Manokwari di Monumen Sejarah Tugu Jepang, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (22/09/2022)


Dalam rangka menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap satuan, Kodim 1801/Manokwari melaksanakan acara tradisi masuk satuan bagi personel baru yang masuk ke Kodim 1801/Manokwari di Monumen Sejarah Tugu Jepang, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (22/09/2022).

Acara tradisi masuk satuan ini dipimpin langsung oleh Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Rachmat Christanto,S.I.P yang didampingi Kasdim 1801/Manokwari, Para Perwira Staf dan Anggi/Danramil 1801-09. 

Adapun personel baru yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 66 orang.

Baca Lainnya :

Sebelum melaksanakan upacara tradisi masuk satuan, para personel baru melakukan pengecekan tensi oleh anggota Rumkit Dimara dan dilanjutkan Senam Perenggangan oleh Staf Ops. 

Setelah itu, para personel baru menggunakan ransel dengan berat 20 Kg untuk melaksanakan lintas Medan yang dimulai dari Lapangan Apel Makodim 1801/Manokwari menuju Situs Sejarah Tugu Jepang dan dilanjutkan dengan Kegiatan Upacara Tradisi Masuk Satuan.

"Kegiatan ini merupakan Tradisi masuk satuan yang perdana di tempat situs sejarah ini yaitu Tugu Jepang. Karena tempat ini adalah salah satu bukti sejarah dimana tempat pendaratan dan menjadi saksi bisu pertempuran antara tentara Jepang dan sekutu di Manokwari," ujar Letkol Inf Rachmat Christanto,S.I.P.

Dandim 1801/Manokwari juga menambahkan, tradisi satuan ini sengaja dilaksanakan agar para personel baru harus menjadi kacang tidak lupa sama kulitnya yang artinya para personel baru harus tahu bagaimana caranya menghargai satuan, menjaga nama baik satuan maupun menjaga nama baik para prajurit sendiri.

"Terima kasih kepada penyelenggara dan para personel baru yang sudah melaksanakan tradisi ini dengan semangat. Inti dari kegiatan ini adalah utamakan faktor keamanan personel, saat senang kita sama-sama dan susah juga kita sama-sama. Mari personel baru, kita utamakan kegiatan-kegiatan dari Kodam XVIII/Kasuari maupun kegiatan program kerja yang menjadi tanggung jawab Kodim yang dilaksanakan setiap Tahun. Mari kita tetap jaga nama baik Kodim 1801/Manokwari" tutupnya

Kegiatan tradisi ini diakhiri dengan penyiraman bunga kembang kepada personel baru oleh Dandim 1801/Manokwari dan diikuti Kasdim 1801/Manokwari beserta Para Perwira Staf dan Anggi/Danramil 1801-09.

Pewarta : Wawan Hermawan





Tulis Komentar

Komentar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.