Kasau Resmikan Operasional Pesawat F-16 C/D Untuk Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi

By Permana 28 Sep 2022, 23:14:13 WIB TNI
Kasau Resmikan Operasional Pesawat F-16 C/D Untuk Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA meresmikan operasional pesawat tempur F-16 C/D, di Skadron Udara 14, Lanud Iswahjudi, Magetan, Rabu (28/9/2022).

Operasional pesawat ditandai penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Danlanud Iswahjudi, Danlanud Sultan Hasanuddin dan Danlanud Roesmin Nurjadin.

Dengan demikian, Skadron Udara 14, yang beberapa waktu sempat  mengoperasionalkan pesawat Sukhoi Su-27/30, kini berganti diperkuat pesawat tempur F-16 C/D. Selanjutnya pesawat Sukhoi Su-27/30, kembali memperkuat Skadron udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Baca Lainnya :

Peresmian operasional pesawat F-16 di Skadron Udara 14, ditandai penekanan sirine, pemotongan pita selubung logo Sukhoi SU 27/30 dan F-16 C/D, serta pemecahan kendi di nose wheel pesawat F-16 C/D oleh Kasau.

Kasau berharap, pengoperasian pesawat F-16 C/D di Skadron Udara 14 dapat berjalan dengan baik, sehingga seluruh pelaksanaan tugas-tugas operasi dan latihan penerbangan dapat berjalan dengan lancar.

"Saya berpesan kepada seluruh anggota Skadron Udara 14, agar merawat dan menjaga Pesawat F-16 C/D dengan baik serta bisa membanggakan TNI-AU kedepannya," harap Kasau.

Pengoperasionalan pesawat F-16 C/D di Skadron Udara 14 akan menambah efektifitas operasional dan pemeliharaan alutsista pesawat tempur.

Pesawat F-16 C/D Skadron udara 14 didatangkan dari skadron udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, dan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi. Dengan pengoperasionalan F-16 C/D di Skadron udara 14, maka Skadron Udara 3 fokus operasional F-16 AM/BM (F-16 A/B yang diupgrade dengan program eMLU), dan Skadron Udara 16 fokus operasionalkan F-16 C/D.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, S.IP,  Dankodiklatau Marsdya TNI M.Tonny Harjono, S.E., M.M, Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, para Asisten Kasau, Pangkoopsud II Marsda TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., Pangkoopsud I Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.T., M.Sc dan sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Mabesau.





Tulis Komentar

Komentar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.