Bahas Masalah Keamanan Regional dan Global, Kasal Bertemu Kasal Amerika

By Permana 01 Apr 2022, 07:10:13 WIB Internasional
Bahas Masalah Keamanan Regional dan Global, Kasal Bertemu Kasal Amerika

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengadakan lawatan kerja ke Amerika Serikat guna membahas pentingnya kerjasama antara kedua negara dalam menghadapi masalah keamanan maritim, keamanan regional dan global dengan Kepala Staf Angkatan Laut atau Chief of Naval Operations/CNO Amerika Serikat (AS), Laksamana Mike Gilday di Pentagon, Washington, Amerika Serikat, Rabu (30/03) kemarin.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Kasal ke Amerika Serikat. Dalam kegiatan ini Kasal di dampingi Asisten Intelijen (Asintel) Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono beserta staf.

Kasal dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Laksamana Mike Gilday atas kerjasama yang sudah dilaksanakan dan berharap agar kedepannya dapat meningkatkan program yang sudah berjalan. 

Baca Lainnya :

Dalam bidang Latihan Kasal berterimakasih karena selalu diundang dalam latihan-latihan multilateral maupun bilateral oleh US Navy, dengan harapan kedepannya selalu dapat dilibatkan dalam latihan-latihan yang menunjang profesionalisme prajurit TNI AL termasuk kegiatan Rimpac 2022 di Hawai. 

Kasal juga menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kesempatan Pendidikan dua orang kadet AAL untuk dididik di United States Naval Academy (USNA) di Annapolis, Maryland yang baru pertama kali dilaksanakan. Kedua kadet asal Indonesia tersebut mendapat beasiswa penuh dari pemerintah AS sampai dengan selesai masa pendidikannya.

Dalam kesempatan tersebut Laksamana Gilday juga menekankan mengenai komitmen untuk melanjutkan dialog dan membangun hubungan pertahanan bilateral yang kuat. 

“Tantangan maritim saat ini membutuhkan interoperabilitas dan kehadiran alutsista sehingga bersama-sama kita akan terus menjaga maritim bersama terbuka dan bebas saat kita mempromosikan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran Indo-Pasifik.” kata Laksamana Gilday.

“Selama lebih dari 70 tahun, Indonesia telah menjadi mitra yang berharga. Telah terjalin kemitraan strategis yang kuat antara Indonesia dan AS dan saya berterima kasih atas sejarah panjang kolaborasi, kerja sama, dan pelatihan tersebut,” ujar Kasal AS lebih lanjut.

Kedua pemimpin Angkatan Laut tersebut kemudian mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir mengenai kerjasama antara kedua Angkatan Laut, sehingga kedepan dapat lebih meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari program latihan dan latihan antar kedua negara, serta dialog kebijakan pertahanan secara umum.

Selain Kunker ke CNO Kasal juga sebelumnya telah mengunjungi Secretary of Navy Carlos Del Toro, dan akan melanjutkan kunjungannya ke Dubes RI di Amerika serta CC ke United States Naval Academy (USNA).





Tulis Komentar

Komentar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.